Menumbuhkan Budaya Literasi melalui BUAI

Oleh : Hafid Abdullah, S.Pd.I

Budaya Literasi di Indonesia saat ini “perlu” ditumbuhkembangkan olwh kita semua selaku anak bangsa. Selama ini literasi belum membudaya dalam masyarakat Indonesia, karena itu literasi harus dijadikan kebutuhan hidup dan budaya di seluruh Nusantara. Ini terbukti bahwa Indonesia menduduki peringkat ke-45 dari 48 negara peserta dengan skor. 428 dari skor rata-rata 500 (IEA, 2012). Dalam, uji literasi membaca. Sementara itu Literasi di Indonesia cukup memprihatinkan Dibandingkan Negara-negara tetangga seperti Malaysia, Vietnam dan Singapura, Indonesia memang cukup jauh tertinggal tentang kondisi masyarakatnya yang masih dikategorikan masyarakat.

Pemerintah dalam hal ini tidak tidaklah diam, kampanye literasi digalakkan, literasi sekolahpun di gerakkan, bahkan dalam upaya pembudayaan literasi, pemerintah meluncurkan program pustaka bergerak dimana pengiriman buku gratis ongkir setiap tanggal 17 dan program-program lainnya.
Kini budaya literasi di Indonesia menjadi persoalan yang sangat menarik. untuk diperbincangkan. Mengingat budaya literasi di Indonesia masih rendah dan belum mendarah daging dikalangan masyarakat Indonesia, berangkat dari itu semua Komunitas BUAI dalam hal ini mengambil perannya untuk menerbitkan dan mendistribusikan buku untuk anak indonesia Dalam rangka menumbuhkan budaya literasi.
Dukungan dan peran serta setiap kita walau sedikit apapun sungguh sangatlah berharga. “Sudah baca buku apa hari ini? ” dapatlah menjadi motivasi awal dalam menumbuhkan budaya literasi yang di awali dari diri sendiri. Lalu pertanyaannya buat pembaca yang budiman, sudah baca buku apa hari ini?… …